APA ITU mesin Pemotongan Laser DaN BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA?

Pemotong Laser adalah alat hebat yang menawarkan kemungkinan untuk menciptakan banyak hal berbeda. Dari kotak sederhana hingga ukiran grafik terperinci ke dalam kayu atau membangun objek tiga dimensi yang kompleks.

Dalam panduan pemula ini, saya akan menjelaskan dasar-dasar cara kerja pemotong laser, menunjukkan kepada Anda beberapa contoh hal-hal yang dapat dibuat dengan laser dan cara membuat desain untuk pemotongan atau ukiran laser. Anda juga akan mempelajari materi mana yang dapat digunakan dan cara mendapatkan akses ke pemotong laser.

Baca Juga: Mesin Laser Cutting

Apa itu pemotong laser?

Pemotong laser adalah mesin yang dikendalikan komputer yang menggunakan sinar laser untuk memotong atau mengukir material dengan tepat. Laser pada dasarnya hanya sangat fokus, cahaya yang sangat diperkuat. Sinar laser menyebabkan material terbakar, meleleh, atau menguap secara lokal. Jenis bahan yang dapat dipotong laser tergantung pada jenis laser dan kekuatan mesin tertentu.

Istilah “Laser” adalah akronim untuk “Amplifikasi Cahaya oleh Stimulasi Emisi Radiasi”. Teknologi laser dikembangkan pada 1960-an.

Ada berbagai jenis pemotong laser. Panduan ini akan fokus pada laser gas dan laser CO2 pada khususnya, karena jenis ini paling sering digunakan oleh penggemar dan usaha kecil. Jenis lain misalnya serat laser atau kristal yang sebagian besar digunakan untuk aplikasi industri.

Pemotong laser CO2 mampu memotong dan mengukir berbagai bahan non-logam seperti kayu, kertas, akrilik, tekstil, dan kulit.

Bagaimana cara kerja pemotong laser?

Dalam mesin pemotong laser CO2, sinar laser dibuat dalam tabung yang diisi dengan gas CO2. Selanjutnya, dengan bantuan cermin dan lensa, sinar laser diarahkan ke kepala laser dan fokus pada permukaan material. Motor yang dikendalikan secara elektronik memindahkan kepala laser untuk memotong atau mengukir bentuk yang diinginkan ke dalam bahan benda kerja. Bentuknya ditentukan oleh file input yang dapat berupa gambar vektor atau raster.

Ketika laser mengenai material, area yang sangat kecil dipanaskan dalam periode yang sangat singkat, menyebabkan material meleleh, terbakar atau menguap.

Kunjungi Juga: grafir laser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *