Tips Perawatan dan Pemeliharaan untuk Pintu Eksterior

Ketika Anda melihat pintu depan Anda, Anda mungkin tidakbanyak berpikir tentang cara merawatnya. Anda berjalan melewati pintu dan menguncinya di belakang Anda, jadi apa yang perlu dikhawatirkan? Nah, seperti produk lain di dalam atau di luar rumah Anda, pintu eksterior lebih tahan lama dan terlihat tetap bagus jika dirawat dengan baik. Dan karena pintu depan Anda adalah salah satu fitur utama dari rumah Anda yang dilihat tamu, Anda ingin memastikan untuk membuatnya berkesan baik. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga pintu eksterior:

Membersihkan pintu eksterior

Beberapa kali setahun, luangkan waktu untuk membersihkan pintu eksterior Anda secara menyeluruh di kedua sisi. Jika Anda tinggal di daerah dekat pantai, Anda mungkin ingin memeriksa dan membersihkan pintu setiap bulan karena kadar garam dan kelembaban yang lebih tinggi di udara. Bagaimana Anda menghilangkan kotoran dari pintu juga, jadi ikuti tips ini:

  • Untuk pintu baja, fiberglass, dan kayu, pilih pembersih yang lembut, seperti sabun cuci piring, atau sampo bayi.
  • Bersihkan pintu besi dengan campuran sabun
  • Hindari menggunakan alat abrasif, karena dapat menggaruk pintu Anda, meninggalkan bekas atau mengelupas lapisan pelindung – kain atau spons bebas serat sangat ideal.
  • Kerjakan satu area pintu sekaligus.
  • Jangan menggosok pintu.
  • Cegah air menggenang di mana saja di pintu – gunakan sesedikit mungkin air dan serap cairan berlebih dengan kain.
  • Jangan gunakan mesin cuci listrik atau selang taman untuk membilas pintu, karena hal itu dapat menyebabkan air masuk ke rumah Anda melalui lapisan.
  • Gunakan pembersih kaca rumah tangga atau cuka dan larutan air pada panel kaca dan lap dengan filter kopi kertas untuk hasil akhir yang bebas coretan.
  • Masukkan air ke dalam botol semprot untuk digunakan di pintu – ini mengurangi jumlah cairan yang akan Anda gunakan.

Cek Juga: Pintu Garasi

Gunakan instruksi ini untuk semua pintu eksterior rumah Anda, apakah itu pintu masuk teras depan atau belakang.

Bersamaan dengan pembersihan rutin, pastikan Anda segera membersihkan tumpahan untuk menghindari pewarnaan pintu. Untuk noda terus-menerus, baik pada kaca atau badan pintu, Anda mungkin perlu menggunakan pembersih yang lebih kuat seperti arwah mineral. Uji sedikit pada bagian pintu yang sulit dilihat untuk memastikannya tidak menghitamkan pintu. Setelah Anda yakin pembersihnya OK untuk digunakan, hapus noda. Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan air untuk merawat bekas oli atau minyak.

Simak Juga: Rel Pintu Garasi Wina

Memeriksa pintu eksterior

Selain membersihkan pintu eksterior Anda, Anda harus secara rutin memeriksanya apakah ada kerusakan, baik terhadap pintu itu sendiri, pengupas cuaca, atau komponen lain seperti perangkat keras. Dengan cara ini, Anda dapat memperbaiki masalah lebih cepat daripada nanti, memastikan pintu Anda tetap dalam kondisi baik. Inilah yang harus Anda cari ketika memeriksa pintu Anda:

  • Retak pada bingkai atau kaca. Pintu baja dan besi tempa kemungkinan tidak memiliki celah di pintu sebenarnya, tetapi komponen di sekitarnya mungkin. Jika Anda melihat retakan pada kaca, pesan dan pasang panel pengganti.
  • Hasil akhir pudar, retak, terkelupas atau mengelupas. Cukup dengan mempoles ulang untuk menyegarkan tampilan pintu Anda.
  • Kelembaban dan kabut di antara panel kaca. Kehadiran kabut atau uap air menunjukkan bahwa segel antara kaca tidak lagi utuh.
  • Membelah atau tanda-tanda kerusakan kelembaban pada bingkai. Ganti bingkai jika Anda menemukan masalah ini dan cari sumber kerusakan kelembaban.
  • Kerusakan pada strip cuaca, yang mungkin termasuk retakan, celah atau perubahan warna. Ganti strip cuaca jika Anda melihat masalah ini, atau jika itu tidak memantul kembali seperti dulu.
  • Potongan, air mata, dan celah yang hilang dalam sapuan. Jika kondisinya buruk, gantilah.
  • Rusak busa baji. Pasang pengganti.

Baca Juga: Pintu Garasi Wina

Pintu eksterior yang terbuat dari baja atau besi tempa dibuat untuk daya tahan yang ekstrem, jadi Anda mungkin tidak harus berurusan dengan banyak masalah ini. Namun, penyapuan dan strip cuaca masih dapat mengalami kerusakan, jadi jangan mengabaikan inspeksi dua tahunan Anda hanya karena pintu Anda tahan lama.

Pintu eksterior fungsional dan bergaya, jadi memastikan penampilan Anda yang terbaik pasti akan meningkatkan daya tarik trotoar rumah Anda. Patuhi jadwal rutin untuk pembersihan dan inspeksi, dan pintu Anda akan mempertahankan penampilan baru mereka.

Kunjungi Juga: Pintu Wina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *