Mengenal Memory Flash Beserta Jenis-jenisnya

Penting bagi kita yang menggemari teknologi, terutama komputer untuk mengetahui device dan apa saja yang dapat terhubung dengannya. Salah satunya yaitu memory flash. Mungkin kita semua sudah mendengar yang namanya memory flash, tetapi tahukah apa kegunaan memory flash yang sesungguhnya? Dalam artikel ini, kita akan mengetahui lebih banyak seputar memory flash, dan beberapa jenisnya yang ada saat ini.

Disaat kita menggunakan komputer, kita sering kali memerlukan perangkat penyimpanan yang berbeda dari tempat menaruh data primer. Dan data tersebut disimpan juga dalam bentuk digital. Ada dua tipe penyimpanan data digital, yaitu yang diketahui sebagai penyimpanan data primer dan penyimpanan data sekunder. Golongan ini diciptakan sesuai dengan tugas yang dijalankan oleh masing-masing perangkat. Salah satu jenis memory yang termasuk penyimpanan data sekunder yaitu memory flash.

Baca Juga: Souvenir USB

Apakah yang disebut dengan Memory Flash?

Memory flash umumnya digunakan pada flashdisk, memory card, MP3 player, kamera digital, personal digital assistant (PDA), hp, dan lain-lain . Memory umumnya digunanya untuk penyimpanan data, dan juga bisa digunakan untuk mentransfer data antara komputer atau produk dgitali lainnya. Sebuah jenis bagian elektronik tertentu yaitu Programmable Read Only Memory (EEPROM) yang diterapkan dalam flash memory. Memory bisa dihapus dan diprogram dalam sebuah blok kode yang besar.

Saat ini sebagian besar dari kita sudah menerapkan USB memory flash, yang telah terhubung ke komputer, dan perangkat lainnya. Dan juga telah mampu menaruh data tanpa harus terus terhubung ke perangkat power. Telah mampu untuk menggunakan data pada saat yang sama, dan pada suatu titik pada kemudian hari. Lebih sederhananya, flash memory merupakan perangkat non-volatile, yaitu tidak perlu power tenaga untuk tetap mempertahankan informasi dan data yang tersimpan didalamnya. (hal ini juga disebut sebagai memory flash NAND). Hal ini berbeda dengan hard drive, daya ingat flash diciptakan dalam bentuk padat, atau tidak mempunyai komponen yang bergerak. Untuk menaruh data berlangsung pada sebuah media yang konsisten, sehingga data tersimpan lebih tahan lama, lebih aman dan tidak mudah hilang.

Ada keuntungan dari menggunakan memory flash, yaitu menggunakan waktu dan akses membaca atau jalan masuk yang lebih cepat dan lebih baik dari memory kinetik. Inilah mengapa memory flash sekarang menjadi sangat populer digunakan pada perangkat portabel. Kartu memory flash mampu bertahan terhadap tekanan kuat, temperatur ekstrim dan mampu menahan rendaman didalam air.

Simak Juga: Flashdisk Promosi

Jenis-Jenis Memory Flash

Ada beberapa jenis memory flash yang sudah diciptakan sesuai dengan penggunaannya, tetapi rata-rata semuanya memiliki fungsi yang kurang lebihnya sama. Untuk dapat menggunakan memory flash, umumnya yang harus dilakukan yaitu memasukkan kartu pada slot yang disediakan, kemudian mensinkronisasikan dengan perangkat dan data akan dikodekan ke kartu secara otomatis.

Secure Digital Card (SD Card)
Disingkat sebagai kartu SD. Bisa digunakan pada perangkat portable seperti video recorder digital, kamera digital, komputer tablet, hp, dan lainnya . SD card dikenalkan sejak tahun 1999. Saat ini orang telah bisa memilih kapasitas SD Card yang bermacam-macam jenisnya, tergantung mempuan device yang digunakan.

Mini Secure Digital Card (Mini SD)
Mini SD ini populer digunakan pada hp. Fungsi dasar dari Mini SD tidak berbeda dari SD Card. Satu-satunya perbedaan yaitu bahwa Mini SD, seperti namanya dia lebih kecil dari SD Card. Tersedia kapasitas penyimpanan antara 256 MB storage hingga sampai 64 GB.

Cek Juga: USB Murah

Compact Flash
Compact flashmemiliki ukuran yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan jenis memory flash lainnya. Disebut juga sebagai CF Card. Kartu ini sangat sering digunakan pada kamera digital. Kapasitas penyimpanan berkisar dari 8 MB sampai 256 GB, cukup nyaman untuk menaruh data dalam kapasitas lebih besar. Kartu ini mempunyai keunggulan dibanding jenis yang lain, karena memiliki dua chip memory dan controller.

Smart Media
Jenis kartu memory flash ini dikenalkan di pasar oleh Toshiba pada tahun 1995, tetapi saat ini mungkin sudah tertinggal dengan perangkat baru. Namun kartu ini masih populer sampai saat ini. Kapasitas penyimpanan kartu ini berkisar antara 16 MB sampai 128 MB, dan tidak lebih dari itu. Namun, kartu ini tetap berada di pasar untuk perangkat yang tidak bisa menggunakan kartu memory yang lebih tinggi dari 128 MB.

Setelah membahas seputar memory flash dan beberapa jenis dari memory flash, Anda tentu ingin tahu juga produsen dari kartu memory flash ini. Ada banyak produsen flashdisk. Seperti yang umumnya dikenal seperti Sandisk, Kingston, Transcend, Canon, Samsung, Toshiba, Hitachi, dan lainnya.

Kunjungi Juga: USB Promosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *